Pages

Subscribe:

April 6, 2012

Jumat Agung

Masih dalam rangkaian 3 hari suci (Kamis Putih, Jumat Agung, dan Paskah). Untuk yang ini mungkin gw mau share dikit peringatan Jumat Agung/Good Friday. Jumat Agung merupakan peringatan kisah sengsara Tuhan kita Yesus Kristus, yang wafat di salib di bukit golgota. Kisah sengsara ini secara detail dijelaskan dalam Kitab Yohanes 18:1 - 19:42.


Dalam peringatan Jumat Agung, kita dapat melihat rasa cinta Yesus kepada umatnya. Dia rela mengorbankan nyawanya dengan wafat di kayu salib untuk menebus dosa-dosa dan kesalahan manusia. Dan dalam peringatan ini juga, kita dilihatkan peristiwa penghianatan yang dilakukan oleh Yudas Iskairot yang demi uang dia tega menyerahkan Yesus yang merupakan guru-nya kepada orang Yahudi untuk dihukum mati. selain itu kita juga melihat gimana seorang Petrus yang merupakan salah satu murid kesayangan Yesus, dengan tega menyangkal Yesus 3 kali karena rasa takut kepada orang Yahudi.

Dalam peringatan ini, gw menegaskan beberapa hal sebagai bahan permenungan kita bersama.
1. Sikap cinta Yesus yg rela mengorbankan nyawanya untuk kita. Apakah kita sanggup memiliki sikap cinta seperti cinta Yesus? tidak usah sampai mengorbankan nyawa kita, tapi apakah kita rela/ikhlas untuk melepaskan sesuatu yang sangat berharga bagi kita, sesuatu yang kita sayangi?

2. Kadang" kita tidak sadar kalau kita dalam menjalani kehidupan sering kali berkhianat ataupun menyangkal sesuatu seperti yang dilakukan Yudas dan Petrus. 

Mari kita bersama" berusaha dengan iman kita untuk meneladani sikap cinta sejati yang dimiliki oleh Yesus, dan  semoga dengan iman kita, kita bisa membuang sikap pengkhianat (Yudas) dan penyangkalan (Petrus) dalam hidup kita. God Bless Us...:)


No comments: