Pages

Subscribe:

April 5, 2012

Kamis Putih

Kamis putih/Maundy Thursday/Holy thursday merupakan suatu perayaan untuk memperingati perjamuan malam terakhir Yesus dengan murid-muridnya. Peristiwa ini bisa dilihat dalam Yohanes 13.

Dalam peristiwa ini, kita diajak untuk merenungkan 2 hal penting, yaitu makna perjamuan malam terakhir dan pembasuhan kaki murid-murid yang dilakukan oleh Yesus. Cinta Yesus yang begitu besar kepada murid-muridnya diwujudkan dalam perjamuan makan dan minum bersama. Bahkan makan dan minumnya diangkat menjadi tanda diri-Nya sendiri.
Dan karena cinta-Nya yang begitu besar kepada murid-murid nya, Yesus rela membasuh kaki murid-muridnya. Dalam peristiwa ini, Yesus mau mengajarkan kepada murid-muridnya untuk memiliki sikap rendah hati, saling melayani dan saling mengasihi antar sesama tanpa peduli kedudukan, jabatan ataupun status sosial.

Dalam perayaan Kamis Putih ini, kita diingatkan untuk saling mengasihi, menghormati dan melayani seperti pesan Yesus dalam sabda-Nya pada kahir perjamuan : 
"Sesudah Ia membasuh kaki mereka, Ia mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Jadi jikalau Aku membasuh kakimu, Aku yang adalah Tuhan dan Gurumu, maka kamupun wajib saling membasuh kakimu; sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepada kamu, supaya kamu juga berbuat sama seperti yang telah Kuperbuat kepadamu. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya seorang hamba tidaklah lebih tinggi dari pada tuannya, ataupun seorang utusan dari pada dia yang mengutusnya. Jikalau kamu tahu semua ini, maka berbahagialah kamu, jika kamu melakukannya." Yoh 13 : 12 - 17.

Selamat Merenungkan Sabda Yesus....God bless us always....

No comments: