Pages

Subscribe:

April 1, 2012

Minggu Palma

Minggu palma merupakan suatu perayaan masuknya Yesus ke kota Yerusalem sebelum Ia disalibkan. Dan biasanya dirayakan seminggu sebelum paskah. Perayaan ini ada tertulis dalam 4 Injil, yaitu :  Markus 11:1-11, Matius 21:1-11, Lukas 19:28-44, Yohanes 19:12-19.


Dalam peristiwa ini kita dapat melihat kerendahan hati dan kesederhanaan Yesus. Dia masuk ke yerusalem tidak dengan menggunnakan kereta kencana yang menggambarkan kemewahan maupun kereta perang yang menggambarkan kekuatan, tapi Dia hanya menaiki seekor keledai, dimana keledai pada saaat itu merupakan alat trasnportasi rakyat biasa. 

Dalam peristiwa ini kita juga dapat meneladani sikap si pemilik keledai, dimana dia merelakan dengan ikhlas apa yang dia punya *mungkin itu harta satu2nya dia*, karena Tuhan membutuhkan keledainya.

"Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini. Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?" Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka." ( Markus 11:3, 5-6 ).


Dalam peristiwa minggu palma ini , saya menegaskan 2 hal sebagai bahan permenungan kita sebelum memasuki masa paskah.
1. apakah kita sudah bersikap sederhana dan rendah hati seperti sikap Yesus ketika masuk ke Yerusalem?
2. apakah kita sanggup merelakan apa yang kita miliki apabila Tuhan membutuhkan seperti sikap si pemilik keledai?


mari kita bersama2 merenungkan 2 hal diatas agar kita layak ikut serta dalam perayaan paskah...God Bless Us...

No comments: